Selamat Tahun Ajaran Baru

26574 114068978608194 100000152767438 277836 402
image uploader


Melihat banyak anak-anak yg antusias menghadapi tahun ajaran baru
membuat saya ingat sewaktu pertama kali masuk SMA dulu. Kebetulan saya
sekolah di sebuah SMK paling ternama di Jakarta. Orang-orang
menyebutnya BOEDOET.

Seingat saya dulu itu tidak ada MOS di sekolah saya, yg ada adalah
penataran P4. Di luar sekolah pun kami ditatar oleh para kakak kelas
namun lebih kearah pembagian wilayah atau kami menyebutnya 'basis'.
Untuk yg belum tahu 'basis' adalah rute angkutan umum yg dipakai
menuju sekolah. Dan kami wajib pulang dan berangkat bersama-sama dg
angkutan tsb. Namun dari kelas 1 sampai kelas 2 saya jarang sekali
ketahuan bahwa saya selalu mengindari ikut basis lantaran langganan
tawuran.

Baru setelah kelas 3 saya berani keluar ikut teman-teman sebasis dan
ternyata tidak seperti yg saya bayangkan. Menyenangkan dan sebenarnya
malah mengikat kawan-kawan sebasis seperti sahabat sehidup-semati
serta saling menjaga bokong masing-masing lebih dari saudara. Dari
situ juga saya belajar tentang menghormati senior dan menyayangi
junior tanpa perlu pelajaran-pelajaran atau arahan menjemukan. Yg
perlu kami lakukan hanyalah berusaha sekuat tenaga sampai di sekolah
dg selamat.

Tawuran kok menyenangkan ?! Hahaha.. Terbawa suasana kenangan masa
lalu. Mau sekolah pun harus bertaruh nyawa.. Saya rasa jaman sekarang
sudah tidak ada lagi. Cukup banyak kegiatan yg bisa dilakukan untuk
melampiaskan energi anak muda yg berlebih itu. Gak banyak anak yg
seberuntung kalian bisa sekolah. So Jangan buat MOS berlebihan apalagi
sampai menjurus kekerasan. Sayangi adik-adik kelas kalian, kelak
mereka akan mengenang kakak kelasnya sbg pembimbing selain guru.

Untuk anak-anak baru.. Selamat tahun ajaran baru. Tetap semangat walau
kualitas pendidikan di negeri ini tdk juga kunjung membaik. Suatu saat
kalian akan mendapati yg berguna dalam menghadapi dunia tidak hanya
terdapat dalam kurikulum pendidikan.

--
Dikirim dari perangkat seluler saya

Comments

Popular posts from this blog

bank plecit

primkopabri