Syariat Islam Di Nusantara

Image Hosted by UploadHouse.comSebuah ide yg cukup bagus. Tapi menurutku itu sama saja memindahkan nusantara ke jazirah Arab karena pada kenyataannya di lapangan dilihat dari segi kultur masyarakat nusantara jauh lebih kompleks dan penerapan syariat islam di nusantara seperti sebuah penyerdehanaan masalah.

Kebobrokan moral masyarakat lebih disebabkan oleh minimnya kepercayaan terhadap penguasa,bukan agama. Kekerasan mengatasnamakan agama juga memperparah situasi karena minimnya dialog antar umat beragama di Indonesia. Jika ditilik lebih jauh maka akan ditemukan bahwa kerusuhan-kerusuhan atas nama agama justru lebih disebabkan oleh oknum yg tidak ingin bangsa ini rukun.

Di nusantara agama bukanlah tujuan utama namun merupakan sesuatu yg dijunjung tinggi,maka masyarakat akan lebih mudah terprovokasi oleh isu-isu berbau agama.

Jadi menurutku lebih baik mengutamakan toleransi seperti yg telah di ajarkan sewaktu kita SD dahulu daripada gegabah merubah sistem yg ujung-ujungnya menambah keruwetan.

Comments

Popular posts from this blog

bank plecit

primkopabri