The Darkness Of Gatotkaca


Tagline : sebuah novel pahlawan kesunyian
Penulis : Pitoyo Amrih
Penerbit : Diva press
Tebal : 416 halaman
Tahun terbitan : 2009

Adalah sebuah buku yg sempet ane beli tempo hari pas bazaar. Udah ane kunyah abis buku ini isinya lumayan bagus,bahasanya mudah dimengerti runtut peristiwa demi peristiwa diselingi penjelasan di sana-sini membuat ane yg kurang paham dunia wayang jadi tau sedikit banyak tentang silsilah keluarga dalam pewayangan.

Sesuai judulnya gan,buku ini menceritakan tentang tokoh pewayangan yg kebetulan ane suka yaitu gatotkaca. Dimulai dari pembabatan alas Mertani hingga alasan kenapa Gatotkaca diciptakan di muka bumi. Semua hanya karena ego para dewa yg konon menerima banyak ancaman dari penduduk marcapada yg ingin menyerang kahyangan namun dewa-dewa enggan menghadapi menghadapinya sendiri shg muncullah ide untuk menciptakan makhluk sakti mandraguna supaya bisa dijadikan tameng menghadapi ancaman-ancaman tsb tanpa menghiraukan perasaan dari sang Gatotkaca yg senantiasa merasa kesepian. Entah karena proses pendewasaannya yg dipaksakan atau memang sudah digariskan oleh Sang Batara Guru,Gatotkaca bahkan tidak pernah berdialog dg ayahnya sendiri hingga akhir hayatnya. Kasian gan :(

Most of all buku ini okelah buat mengisi waktu luang dan buat yg penasaran ama silsilah pewayangan. Cuma satu kekecewaan ane dalam buku ini yaitu sedikit sekali diceritakan tentang pergolakan batin,kesedihan,dan kemarahan,atau bagaimana mengatasi keinginan-keinginan si Gatotkaca itu sendiri sbg manusia seutuhnya padahal itu yg ane harapkan sewaktu berniat beli buku ini. Disini hanya diceritakan tentang pertarungan-pertarungannya yg berdarah-darah nan sadis. Jelas bukan jenis buku konsumsi anak di bawah umur ya gan :D

Okelah ane rasa cukup,udah capek ngetik,ngantuk pula.. Sampai jumpa pada resensi berikutnya.

Cheers..!

Comments

Popular posts from this blog

bank plecit

primkopabri